Latest News

About Me

Muhammad Munirudin »
aku anak desa , tepatnya desa termas ,, sekarang jalanya sudah mendingan karena mulai simakadam tolong segera diselesailan seb hari raya idul fitri. ok!!!!!!!!!!
http://www.munirudin2.tk/

Perbedaan filsafat dengan Agama

Jumat, 09 Oktober 2009 , Posted by munirudin at 03.04

List" href="file:///C:%5CDOCUME%7E1%5CKmptr%5CLOCALS%7E1%5CTemp%5Cmsohtml1%5C01%5Cclip_filelist.xml">


Saya mempunyai seorang teman yang mengaku Agnostik. Entah kenapa, teman yang sudah saya kenal lama ini merubah pandangan hidupnya sampai se-radikal ini. setahu saya,dulu dia adalah seorang umat beragama yang saleh dan percaya dengan Tuhan. Namun sekarang semua itu berbalik 180 derajat. Dia bukanlah seorang yang bodoh ataupun meninggalkan agamanya dengan alasan bodoh seperti : agar bebas menenggak alkohol, free sex, hidup sesuka hati, dsb. Tidak. Dia tidak sepicik itu. Malahan dia mampu mengemukakan alasan2 tertentu.

Dari beberapa obrolan kami, dia mengemukakan argumennya terhadap agama pada umumnya. Salah satunya, dia menunjukkan beda Filsafat dengan Agama. Berikut kutipannya :

1. Filsafat memberikan alkohol pd lukamu, membuatnya semakin sakit. Hal
itu akan menyebabkan kmu tahan dg rasa sakit, mengerti rasa sakit, dan
mengambil hikmah dari rasa sakit. Sedangkan agama cuma memberikanmu
obat penenang dan obat bius, lukamu memang tidak akan terasa sakit, kmu
akan lupa dgn rasa sakitmu..Tp, ketika kmu lupa menggunakan obat bius,
kmu akan merasakan rasa sakit yg luar biasa, dan utk menghilangkan rasa
sakit itu, kmu harus menggunakan obat bius/obat penenang dgn dosis 2
kali lebih besar.

2. Filsafat tidak memberikan kepadamu kebenaran, ia hanya menunjukkan jalan utk mencapai kebenaran. Sedangkan agama akan memberikan kepadamu kebenaran, atau sesuatu yang diklaimnya kebenaran. Apa itu memang benar ? (A adalah benar karena itu firman Tuhan, dan firman Tuhan tidak pernah salah, jadi klo A itu salah, maka liat statement sebelumnya )

3. Filsafat membuatmu mampu menertawakan dirimu sendiri, dan mampu membuatmu menangis terhadap realitas sekitarmu. Sedangkan agama hanya mampu menertawakan agama lain (ajaran lain) dan membuat dirimu menangis, karena harus menanggung doktrin moralitas (moralitas budak??)

4. Filsafat akan mengajak orang lain merenungkan sesuatu yg sangat lazim, sedangkan agama akan mengajak orang lain mengikuti doktrinnya.

5. Filsafat penuh dengan kebebasan dan kemandirian utk mencari jawaban atas segala pertanyaan, sedangkan agama penuh dgn jawaban atas segala pertanyaan
yang mutlak benar dan kita tidak boleh mempertanyakannya.

6. Filsafat akan sangat terbuka dengan pemikiran orang lain yang berbeda,
sedangkan agama akan membuka pedang, cemoohan, dan kucilan terhadap
orang yang punya pemikiran yang berbeda.

7. Filsafat tidak membutuhkan buku (kitab), sedangkan agama membutuhkan buku (kitab) yang darinya segala jawab atas pertanyaan tersedia, apa jadinya jika buku (kitab) itu lenyap ?? Agama juga akan lenyap…..

8. Filsafat tidak membutuhkan ritual khusus dalam mencari kebenaran, tetapi agama penuh dengan kultus-ritus yang membuat orang lena dan itu menjadi sarana agama utk membius orang.

Entahlah,,saya sendiri sempat tercengang pada pemikirannya. Haruskah kita menelan mentah2 dan menjadi seorang Agnostik pula?

Currently have 1 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar